Profil Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak

LATA RBELAKANG
Akademi keperawatan Dharma Insan Pontianak yang terletak di jalan Merdeka nomor 55 Pontianak, merupakan konversi dari Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Dharma Insan, dimana Sekolah Perawat Kesehatan Dharma Insan Pontianak ini adalah Lembaga Pendidikan dibidang Keperawatan milik Keuskupan Agung Pontianak, yang dikelola oleh Yayasan Dharma Insan Pontianak, dan didirikan pada bulan Juli 1984 dan mendapat ijin resmi dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia No. 109/KEP/DIKLAT/KES/84, tertanggal 18 Juli 1984. Kemudian pada tahun 2000 mendapat Ijin Penyelenggaraan Akademi Keperawatan (AKPER) Dharma Insan Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia No: K.00.06.1.3.0504, tertanggal 25 Pebruari 2000, Keputusan Dirjen Dikti Kemendiknas No. 7421/D/T/K-XI/2011 tentang Perpanjangan Ijin Program Keperawatan D3 di Akper Dharma Insan Pontianak dan Keputusan Kementrian Kesehatan RI No. HK.06.01/III/01422/2011 tentang penetapan Strata Akreditasi Akper Dharma Insan Pontianak.
Berdasarkan Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan menyatakan bahwa untuk mewujudkan derajat Kesehatan yang optimal bagi masyarakat diadakan upaya kesehatan mencakup upaya peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (Kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif) yang dilaksanakan secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan dan dilaksanakan bersama antara pemerintah dan masyarakat yang didukung oleh sumber daya tenaga kesehatan. Tenaga Kesehatan bertugas menyelenggarakan atau melakukan kegiatan salah satu diantaranya adalah Perawat Profesional Pemula yang kompeten dihasilkan melalui proses pendidikan di institusi pendidikan Diploma III Keperawatan yang diharapkan dapat berperan serta dalam memandirikan dan menggerakkan masyarakat untuk mencapai hidup sehat.
Yayasan Dharma Insan sebagai Pembina/Penanggung jawab Akademi Keperawatan Dharma Insan, didirikan dengan tujuan membantu pemerintah RI dan ikut berperan serta dalam pembangunan masyarakat seutuhnya. Segala usaha yang dilakukan oleh Yayasan dilaksanakan berdasarkan Iman Katolik dan Cinta Kasih Kristiani, oleh sebab itu tugas Akademi Keperawatan Dharma Insan bukan saja mendidik tenaga profesional tapi juga menumbuhkan dedikasi yang tinggi dengan semangat pengabdian kepada sesama manusia.


VISI:

Menjadi Program Pendidikan Diploma III Keperawatan yang mampu bersaing di tingkat

global serta unggul dibidang Keperawatan Medikal Medah berdasarkan nilai-nilai cinta

kasih pada tahun 2025.


MISI:

1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan yang kompeten dan terampil yang berorientasi pada pemberdayaan individu, keluarga dan komunitas.

2. Menyelenggarakan penelitian yang bermutu, berkompetensi dalam medikal bedah dan dapat menyelesaikan berbagai masalah kesehatan yang berkembang di masyarakat.
3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa.

4. Menjalin kerjasama dengan steakholder dan institusi terkait dalam upaya peningkatan dan pengembangan penelitian, pengabdian masyarakat dan pendidikan keperawatan.


LAMA PENDIDIKAN DAN GELAR KELULUSAN
Berpedoman pada kurikulum Berbasis Kompetensi Pusdiknakes RI Tahun 2006 Mahasiswa Program Diploma III keperawatan memerlukan waktu 6 (enam) semester untuk menyelesaikan 119 SKS yaitu 107 SKS Kurikulum Nasional (KURNAS) ditambah 12 SKS Kurikulum Institusi (KURIN) dengan gelar Ahli Madya Keperawatan.
Batas waktu untuk menyelesaikan Program Pendidikan Diploma III Keperawatan adalah 6 - 10 semester atau 3 – 5 tahun (sesuai SK Mendikbud. No.056/4/1994, tanggal 19 Maret 1994), jika lebih dari 5 tahun mahasiswa tersebut GUGUR.