Profil Umum

Profil Umum Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak

AKPER DHARMA INSAN PONTIANAK

PROFIL UMUM

SEJARAH AKADEMI KEPERAWATAN DHARMA INSAN PONTIANAK

Akademi keperawatan Dharma Insan Pontianak yang terletak di Jalan Merdeka nomor 55 Pontianak, merupakan konversi dari Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Dharma Insan, dimana Sekolah Perawat Kesehatan Dharma Insan Pontianak ini adalah Lembaga Pendidikan dibidang Keperawatan milik Keuskupan Agung Pontianak, yang dikelola oleh Yayasan Dharma Insan Pontianak, dan didirikan pada bulan Juli 1984 dan mendapat ijin resmi dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia No. 109/KEP/DIKLAT/KES/84, tertanggal 18 Juli 1984. Kemudian pada tahun 2000 mendapat Ijin Penyelenggaraan Akademi Keperawatan (AKPER) Dharma Insan Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia No: K.00.06.1.3.0504, tertanggal 25 Pebruari 2000.

Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak (selanjutnya disingkat AKPER saja) didirikan untuk tujuan mulia yaitu menghasilkan lulusan yang bermutu di tenaga Kesehatan; khususnya Perawat. Mutu bukan hanya soal kemampuan intelektual, melainkan juga segi etika dan integritas kepribadian. Sejak awal, dengan beafiliasi dan dikenal di dalam hubungan dengan RS Antonius, AKPER telah banyak berjasa di Kalimantan Barat. Civitas Akademi bangga akan kenyataan sejarah tersebut.

Tertanggal 27 November 2020 AKPER Dharma Insan Pontianak memasuki babak baru; yaitu pemindahan manajemen pengelolah dari Yayasan Dharma Insan ke Yayasan Landak Bersatu; sebuah Yayasan yang merupakan perpanjangan karya Pendidikan Keuskupan Agung Pontianak di dalam Kerjasama dengan Ordo Dominikan, sebagai pengelolah utama dan rekan pemilik di Pontianak bersama dengan Konggregasi Passionis yang merupakan pendukung utama di dalam Yayasan tersebut.

Di bawah Yayasan Landak Bersatu, AKPER diharapkan bukan hanya menghasilkan lulusan yang secara intelektual berkualitas; melainkan harus juga professional sesuai dengan janji profesi, serta menjunjung tinggi etika dan pengabdian akan kehidupan.

Pengalaman Pandemi Covid-19 di tahun 2020 merupakan sebuah fakta bahwa tenaga Kesehatan mempunyai peranan yang sangat luar biasa di dalam usaha masyarakat melawan serta menyembuhkan mereka yang terkan pandemic Covid 19. Tenaga Kesehatan sekarang merupakan pahlawan baru, yang sebenanya harus diakui dilupakan nama. Harusnya diakui, apalagi di dalam konteks Kalimantan Barat, tenaga Kesehatan, terutama di pedalaman atau pelosok merupakan pahlawan kehidupan. Mereka yang telah memperjuangkan kehidupan sampai titik batas dan membuat masyarakat Kalbar berkembang sampai saat ini.