Berita Kampus

WISUDA TAHUN 2021 AKPER DHARMA INSAN, AKBID ST BENEDICTA PONTIANAK DAN STKIP PAMANE TALINO MELULUSKAN 86 WISUDAWAN WISUDAWATI.

Posted By Div.Media-AKPERAKBID |  16 November 2021 | 16.00 |

Walaupun Pandemi Virus Corona (Covid-19) masih melanda Bangsa Indonesia termasuk Provinsi Kalimantan Barat, namun tidak menghalangi prosesi Wisuda Tahun 2021 AKPER Dharma Insan Pontianak, AKBID St Benedicta Pontianak dan STKIP Pamane Talino . Acara wisuda dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung via live streaming chanel You Tube AKPER Dharma Insan Pontianak, Senin (15/11/2021).

Acara wisuda daring ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Perwakilan Senat ketiga institusi Susanna, SKM.,M.Kes dari Lantai 1 Gedung A AKPER AKBID. Tampak hadir para Pimpinan dari ketiga institusi AKPER Dharma Insan, AKBID St Benedicta dan STKIP Pamane Talino. Sementara para undangan lainnya termasuk mitra kerjasama ketiga institusi ,turut hadir dengan melaksanakan protokol kesahatan dan mengikuti acara via online menggunakan Zoom.

Dibanding biasanya, wisuda daring ini memang jauh berbeda. Sebelum memasuki area kampus, tamu undangan dan wisudawan wisudawati beserta keluarga yang mendampingi diwajibkan mengecek suhu tubuh, menunjukkan bukti telah divaksin, menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan.

 Direktur AKBID St Benedicta Trivina, SST.,M.Kes, sebagai perwakilan menyampaikan laporan pendidikan, pada Wisuda Tahun 2021 ini, ketiga institusi meluluskan 35 lulusan dari AKPER Dharma Insan, 35 lulusan dari AKBID St Benedicta dan 16 lulusan dari STKIP Pamane Talino dengan total jumlah 86 pada hari Senin yang diwisudakan.

 “Selamat kepada para wisudawan, semoga ilmu yang didapat dibangku kuliah dapat bermanfaat bagi diri sendiri, bagi masyarakat, Bangsa dan Negara,” ujar Romo Robini, selaku Ketua Yayasan Landak Bersatu dimana ketiga institusi bernaung.

Setelah membacakan Laporan Pendidikan ketiga institusi, MC Wisuda mengumumkan Wisudawan Terbaik. Untuk jenjang Prodi Diploma 3 Keperawatan AKPER Dharma Insan wisudawan terbaik adalah Santy dengan IPK 3,87, Pius Yedi dengan IPK 3,90 dan Suparjo dengan IPK 3,94

Berikutnya, dari Prodi Diploma 3 Kebidanan AKBID St Benedicta Pontianak,  Oktavia Devi Permatahati dengan IPK 3,48, Veronika Yeni Andani dengan IPK 3,49, Melania Nopiriana dengan IPK 3,52,

Terakhir wisudawan terbaik dari STKIP Pamane Talino, Teresia Susilawati dari Prodi Pendidikan Matematika dengan IPK 3,52 dan Rupini Chaniago dari Prodi Bahasa Inggris dengan IPK 3,64.

Dalam sambutannya Romo Robini selaku Ketua Yayasan menyampaikan kabar gembira bahwa pada Maret 2022 ketiga institusi akan merger menjadi UNIKA St Agustinus Hippo bersama dengan 4 Program studi baru dan memberi pesan kepada seluruh wisudawan wisudawati untuk terus belajar, berinovasi supaya kita tidak tertinggal seperti Nokia.

 

Hadir secara daring melalui Media Zoom Meeting perwakilan dari Kabupaten Landak yang diwakili oleh  Sekretaris Daerah Kabupaten Landak, Vinsensius, S.Sos, MMA mengatakan, wisuda ini merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh para wisudawan dan keluarga, sekaligus momentum yang harus disyukuri. “Rasa syukur itu harus diimplementasikan dengan memberikan peran terbaik ketika terjun ke masyarakat,” ujarnya seraya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan wisudawati.

 Turut hadir juga secara daring melalui Media Zoom Meeting, Bupati Kabupaten Bengkayang Kepada para wisudawan, beliau mengapresiasi kegiatan wisuda ini dan berpesan agar senantiasa mengembangkan kemampuan diri untuk membangun kolaborasi, berintegrasi dan berinteraksi dengan berbagai komponen masyarakat lainnya agar tujuan bersama dapat tercapai yaitu kesuksesan dan kemajuan.

Prof. Dr. Ir. H. Udiansyah, M.S. selaku Kepala LLDIKTI Wilayah 11 Kalimantan juga hadir secara daring, dalam sambutannya Pak Udin sapaannya mengingatkan bahwa baik dosen, mahasiswa dan pihak yayasan harus sinergis dalam mencapai tujuan bersama, ia mengingatkan bahwa dosen harus memiliki Jabatan Fungsional sebagai persayaratan yang ditetapkan UU No 12 Tahun 2012 sehingga memiliki kapasitas dan kompetensi untuk mengajar. dan pihak yayasan dapat memfasilitasi hal tersebut serta mengingatkan dosen untuk mengejar jafung.

Wisuda kali ini juga khusus hadir secara daring Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Dr. (H.C.) Ir. Airlangga Hartarto, MBA, MMT.,IPU. Dalam sambutan, beliau menyampaikan bahwa pembangunan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia telah menjadi program prioritas pemerintah sejak tahun 2020 dalam membangun Indonesia dengan memperkuat sumber daya manusia di seluruh NKRI dan manajemen talenta menjadi visi pemerintah saat ini dan komitmen tersebut sekaligus mencerminkan perhatian pemerintah yang memprioritaskan pembangunan di daerah Tertinggal terdepan dan terluar.

Lanjut beliau bahwa, Daerah Tertinggal terdepan dan terluar adalah wajah depan Indonesia yang ditingkatkan dan didorong kemajuannya termasuk di bidang pendidikan dan perawatan kesehatan sebagai wujud bahwa negara hadir dalam membangun sumber daya manusia di daerah 3T.

 Dalam era 4.0 bangsa Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang kreatif berkarakter kompetitif inovatif dan mampu beradaptasi dengan perubahan dari manual menuju instan dengan bantuan peralatan canggih teknologi cyber otomatisasi serta mempermudah kehidupan masyarakat khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran dan pelayanan kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia dan diharapkan dapat meningkatkan kemahiran digital sehingga talenta-talenta digital sangat dibutuhkan yang mampu memanfaatkan kemampuannya untuk berperan sebagai inovator di bidang di bidang masing-masing.

Beliau juga memberikan kabar gembira untuk tenaga kesehatan dan tenaga didik saat ini bahwa sektor Edu Tech dan Tele Medicine sedang menjadi pendatang baru yang tampil menjanjikan dan pertumbuhannya sangat tinggi terutama dalam era pandemi covid 19. “Pengguna aktif aktif Edu Tech meningkat mencapai 200 % dan peningkatan pengguna juga pada sektor L tech atau Telemedicine dan 5 tahun kedepan diprediksi Asia Pasifik akan ada peningkatan sebesar 109% berdasarkan studi oleh Google, Temasek, Bain & Company “. Dengan maraknya penggunaan Edu Tech dan L Tech diharapkan peluang ini dapat dimanfaatkan oleh para sivitas akademika dan juga para wisudawan yang baru lulus di bidang kesehatan.

Sambungnya, sampai tahun 2030 Indonesia membutuhkan sekitar 9 juta talenta digital artinya Rp600.000 per tahun untuk 15 tahun kedepan ke depan termasuk di sektor L Tech diproyeksikan kontribusinya adalah  4434 triliun pada PDB kita di tahun 2030.

Pemerintah mendukung pengembangan talenta digital melalui gerakan nasional literasi digital dan digital leadership Academy serta Digital talent scholarship Ketiga program tersebut akan membantu keterampilan digital dari level awal atau basic sampai dengan Advance talenta digital juga diharapkan bisa memutahirkan pendidikan maupun sektor kesehatan.

“Kita perlu menumbuhkan rasa percaya diri untuk berkompetisi di tingkat nasional maupun di tingkat global. Saya yakin generasi muda akan mampu menjadi agen agen perubahan sehingga dapat berpartisipasi secara kreatif dan berinovasi dan melihat tantangan sebagai peluang dan tentunya ini akan memudahkan pekerjaan adik-adik mahasiswa ke depan” kata beliau.

Beliau memberi selamat kepada para wisudawan wisudawati dan meminta terus pertahankan semangat lifelong learning, selalu aktif berinovasi serta dapat berkontribusi dalam percepatan recovery dan pembangunan nasional.

Akhir kata beliau mengucapkan bahwa masyarakat membutuhkan para wisudawan wisudawati yang lulus di sektor kesehatan pada hari ini dan berharap bahwa karya yang unggul di bidang pendidikan sosial kesehatan dan keagamaan dapat diberikan oleh para wisudawan wisudawati hari ini.

 

 

 

 

(Div.Media-AKPERAKBID)

No: 6/PUSKOM/MED/2021


Masa Pengenalan Kampus, 192 Cama Baru Ikuti PKKMB Secara Daring  Posted By Div.Media-AKPERAKBID |  1 September 2021 | 16.00 |   Pontianak – Akademi Keperawatan Dharma Insan dan Akademi Kebidanan Santa Benedicta tetap menjadi pilihan bagi masyarakat, terutama lulusan SMA/SMK untuk menempuh pendidikan tinggi Keperawatan…

Selengkapnya

Pontianak -- Dalam rangka memperingati HUT Bawaslu Kota Pontianak ke - 3, Bawaslu Kota Pontianak bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pontianak dan AKPER Dharma Insan-AKBID St Benedicta menggelar vaksinasi Covid 19 tahap 1 di Kampus AKPER Dharma Insan – AKBID St Benedicta Jalan Merdeka No 55 Pontianak dengan jumlah sasaran 200 vaksinasi bagi m…

Selengkapnya

(PONTIANAK) Pada Hari Senin, 21 Juni 2021, bertempat di AULA Kampus Lantai 4 Gedung B, Ketua Yayasan Landak Bersatu secara resmi melantik NERS FLORENSIUS ANDRI, MAGISTER KEPERAWATAN dan TRIVINA SARJANA SAINS TERAPAN, MAGISTER KESEHATAN, masing-masing sebagai Direktur Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak dan Direktur Akademi Kebidanan Sant…

Selengkapnya

Bupati Landak Karolin Margret Natasa secara resmi membukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Akademi Keperawatan (Akper) Dharma Insan Pontianak di wilayah Kabupaten Landak yang bertempat di Dusun Adong 1, Desa Tubang Raeng dan Dusun Adong 2, Desa Pawis Hilir, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, dengan dihadiri oleh Ketua Yayasan L…

Selengkapnya

Mau kuliah di Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak, menjadi perawat Profesional dan siap kerja, kuliah di sini saja dengan fasilitas KIP Kuliah dari Pemerintah Republik Indonesia. Untuk Calon Mahasiswa dari Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu. Silahkan download syarat dan Ketentuan di bawah ini:https://kip-kuliah.kemdi…

Selengkapnya

Untuk kamu yang berasal dari Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sekadau yang ingin kuliah di STKIP Pamane Talino, AKPER Dharma Insan dan AKBID Santa Benedicta, yukk ikut bincang santai bersama kami dan dapatkan informasi seputar Penerimaan Mahasiswa Baru, dan Rencana Kedepan STKIP Pamane Talino, AKPER Dharma Insan dan AKBID Santa Benedicta, daftarkan …

Selengkapnya

Seluruh Dosen dan Tenaga Kependidikan Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak telah di Vaksin Covid 19, selain bertujuan mencegah masuknya Virus juga untuk persiapan pembelajaran Luring di Perguruan Tinggi. Terima kasih kami sampaikan kepada Pemerintah Republik Indonesia dan secara khusus kepada Dinas Kesehatan Kota Pontianak serta Pihak Rumah …

Selengkapnya

KULIAH PAKAR Perspective Leadership and Management in NursingSerta Seminar KeperawatanTANTANGAN PERAWAT DI MASA PANDEMIC COVID 19Pembicara Bapak Blacius Dedi, Dr. Kep., M.KepNs. Lydia Moji Lautan, M.Kep. dan Ns. Florensius Andri, M.KepKegatan dilaksanakan Tanggal 22 Maret 2021 di Aula Akper Akbid Lantai 4 Gedung B, dengan diikuti oleh Seluruh Do…

Selengkapnya

Kegiatan pelatihan BTCLS ini diselenggarakan oleh Akper Dharma Insan Pontianak bekerjasama dengan HIPGABI (Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia) Provinsi Kalimantan Barat dengan jumlah trainer sebanyak 5 orang yang terdiri dari Tenaga Perawat anggota HIPGABI dengan background 2 orang trainer di pelayanan kesehatan (RS Kota Pontianak…

Selengkapnya

Dalam rangka menumbuhkan budaya mutu pendidikan tinggi kesehatan dan sebagai implementasi sistem akreditasi LAM-PTKes untuk program studi kesehatan, LAM-PTKes melaksanakan Kegiatan Workshop Online Klinik Akreditasi untuk membahas dan melatih tentang pengisian Instrumen Akreditasi Program Studi Kesehatan 9 Kriteria dan penggunaan Sistem Sistem Manaj…

Selengkapnya

Rapat Kerja Yayasan Landak Bersatu dan STKIP Pamane Talino, Akper Dharma Insan, dan Akbid Santa Benedicta 11/02/2021 admin STKIP Pata Official, Pontianak – Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan tinggi, Yayasan Landak Bersatu mengadakan rapat kerja yang melibatkan STKIP Pamane Talino, Akper Dharma Insan, dan Akbid Santa B…

Selengkapnya

Mari Bergabung Bersama Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak dan Akademi Kebidanan Santa Benedicta, untuk menjadi Perawat dan Bidan Profesional Pendaftaran dimulai tanggal, 1 Februari s.d 30 Agustus 2021 di Kampus Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak dan Akademi Kebidanan Santa Benedicta Telp. 0561 8186937 Jalan Merdeka Nomor 55 Pontian…

Selengkapnya

Donasi Dharma Insan Peduli merupakan suatu aksi yang di prakarsai oleh karena keadaan yang terjadi dimasyarakat baik di Wilayah Kalimantan Barat maupun wilayah lainnya. Sebelumnya juga pernah pemberian bantuan kepada masyarakat yang mengalami bencana banjir di Kec. Menjalin, Kab. Landak pada tahun 2018. Terjadinya bencana di awal tahun 2021 secara…

Selengkapnya

Bertempat di Ruang Rapat Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak, pada Tanggal. 11 November 2020 dilaksanakan Audit Mutu Internal oleh Badan Penjaminan Mutu Internal, yang bertujuan untuk melaksanakan verifikasi kesesuaian antara pelaksanaan dengan standar pendidikan tinggi dalam rangka mendapatkan rekomendasi ruang peningkatan mutu menjamin aku…

Selengkapnya

Profisiat kepada 40 Wisudawan Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak yang pada hari ini, 5 November 2020 menyandang Gelar Ahli Madya Keperawatan, pada Rapat Terbuka Senat Senat Akademik Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak Angkatan XVIII Tahun 2020. Hadir dalam acara ini yang Mulia Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus, selaku pemilik…

Selengkapnya

Pada hari Rabu, 26 Agustus 2020, bertempat di AULA Akper Dharma Insan Pontianak, Ketua Yayasan Dharma Insan Pontianak secara resmi melantik Ns. Sisilia, S.Kep, M.Kes., sebagai Direktur, serta melantik Ns. Lydia Mouji Lautan, M.Kep., Ns. Florensius Andri, M.Kep, dan Ns. Usu Sius, S.Kep, M.Biomed, masing-masing sebagai Wakil Direktur Bidang Akademik…

Selengkapnya

Menyikapi situasi pandemic Covid 19, untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Angkatan 21 Tahun Akademik 2020-2021, kami mengubah 'sedikit' mekanisme penerimaan mahasiswa dengan Tes Seleksi secara online. bagi calon mahasiswa yang berminat dapat mengikuti prosedur di bawah ini dengan tetap melakukan pendaftaran online di http://bit.ly/ppmbdharmainsan2020…

Selengkapnya

SEGENAP SIVITAS AKADEMIKA DAN TENAGA KEPENDIDIKAN AKADEMI KEPERAWATAN DHARMA INSAN PONTIANAK MENGUCAPKAN SELAMAT MERAYAKAN HAARI RAYA IDUL FITRI 1441 HIJRIAH MINAL AIDIN WAL FAIZIN MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN…

Selengkapnya

Disampaikan kepada seluruh Civitas Akademika Akper Dharma Insan Pontianak, untuk mencegah penularan COVID-19 maka Kampus meniadakan proses belajar mengajar, namun dilakukan secara online, email, WA, mulai tanggal, 16 - 29 Maret 2020.…

Selengkapnya

PENGUMUMAN UJI KOMPETENSI DIPLOMA III KEPERAWATAN PERIODE I APRIL 2020: Disampaikan kepada Alumni Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak, yang mau mengikuti UJI Kompetensi , yang akan dilaksanakan pada: 1. Pendaftaran UJI KOMPETENSI Tanggal, 5 – 17 Februari 2020 2. Tanggal UJI Kompetensi Tanggal, 18-19 April 2020 Dipersilahkan mendaftar …

Selengkapnya

Pada Tanggal 24 Agustus 2019 bertempat di Function Hall Hotel Kapuas Palace Pontianak, Akademi Keperawatan Dharma Insan Pontianak telah mewisuda sebanyak 127 orang, Program Reguler 50 orang dan 77 orang program Afirmasi RPL, yang ditandai dengan angkat Sumpah bagi seluruh Wisudawan oleh Ketua DPW PPNI Provinsi Kalimantan Barat yang didampingi oleh …

Selengkapnya

SINTA (SCIENCE AND TECHNOLOGY INDEK) merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti/penulis/author, kinerja jurnal, kinerja institusi Iptek yang dikembangkan oleh Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia berbasis Online. Pelatihan yang …

Selengkapnya